Inilah Alasan Mengapa Flappy Bird Ditarik dari App Store dan Play Store

Flappy Bird, game yang sedang naik daun dan banyak dibicarakan orang ini resmi ditarik dari App store dan Play store. Kabar ini membuat heboh banyak pihak karena game ini baru merasakan popularitas sebentar saja.

Ya, Flappy Bird memang sedang disorot banyak orang termasuk media. Tanpa diduga, Flappy Bird tiba-tiba menjadi game yang sangat populer di perangkat mobile.

Flappy Bird sebenarnya sudah dirilis sejak tahun lalu, game ini bahkan tidak masuk dalam ‘radar’ pengamatan para pengguna gadget di App Store. Flappy Bird dikembangkan oleh desainer game bernama Dong Nguyen melalui studio gamenya, DotGears Studio di Vietnam.

dong-nguyen

Game ini berhasil menembus 50 juta download hanya dalam beberapa hari dan merupakan game paling adiktif sekaligus menyebalkan. Namun ketenaran Flappy Bird langsung sirna sebab sang pencipta, Dong Nguyen memutuskan untuk menarik aplikasi game buatannya dari Apple App Store dan Google Play Store. Jadi Anda tidak akan bisa lagi men-download game tersebut melalui toko aplikasi Android maupun iOS.

Memang, Nguyen pernah mengatakan bahwa ia sudah tidak tahan lagi disorot banyak orang dan media. Ia beralasan bahwa sebenarnya dia menciptakan game ini untuk kegiatan bersantai para pemainnya. Nguyen tidak bermaksud membuat game Flappy Bird menjadi seadiktif itu. Nah, pada saat tujuannya sudah mulai melenceng, Nguyen akhirnya memutuskan untuk menarik Flappy Bird.

“Flappy Bird didesain untuk dimainkan selama beberapa menit pada saat Anda sedang bersantai,” ujar Nguyen.

“Namun, game ini (Flappy Bird) akhirnya menjadi produk adiktif. Saya rasa hal tersebut telah menjadi masalah. Untuk menyelesaikan masalah itu, hal terbaik adalah menarik Flappy Bird. Game ini telah hilang selamanya.”

Sebelumnya, Nguyen sempat menyebut popularitas yang didapatkan game ini telah merusak “hidupnya yang sederhana”.

Nguyen juga menceritakan bahwa dia tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mengerjakan game tersebut. Nguyen hanya membutuhkan dua hingga tiga hari untuk mengerjakan bagian coding-nya.

Perihal miripnya visual Flappy Bird dengan seri game Super Mario Bros dari Nintendo, Nguyen menyatakan, kesamaan tersebut terjadi karena kebetulan saja. Nguyen pun menampik kabar yang mengungkapkan bahwa ia mendapat tuntutan hukum karena kesamaan itu.

Setelah penarikan dan segala kontroversi di balik game Flappy Bird, Nguyen mengaku tidak kapok dalam membuat game. Ia pun akan terus mengembangkan dan membuat game baru.

Advertisements

Posted on February 15, 2014, in Game Android and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: